Website ini adalah pindahan dari www.dialogimani.wordpress.com (website komunitas dialog imani RRI Bandar Lampung)

Haid Datang Ketika Sedang Puasa Syawwal

Diposting oleh Irfani, S.Pd.I Kamis, 18 September 2008

Tanya:

Bagaimana hukum seorang wanita yang melakukan puasa syawal namun tidak lengkap 6 hari karena haid?

Jawab:

Sebenarnya untuk melakukan puasa syawal, tidak diharuskan seseorang itu melakukannya secara berturut-turut. Yang penting puasa itu dilakukan selama bulan syawal. Sehingga masing-masing dari kita hendaknya dapat mengatur waktunya sedemikian rupa supaya kita dapat menyempurnakan puasa sunnah ini sebelum habis waktunya.

Terlebih lagi bagi seorang wanita, dimana ia mesti harus membayar terlebih dahulu puasa ramadhan yang ditinggalkan pada bulan ramadhan lantaran haid, maka ia harus benar-benar cermat berhitung sehingga disamping ia dapat membayar hutang puasanya, iapun dapat menyempurnakannya dengan puasa enam hari dibulan syawwal.

Jika ketika ia sedang melaksanakan puasa enam hari dibulan syawwal kemudian haidnya datang, maka praktis ia harus membatalkan puasa pada hari tersebut, namun puasa yang belum ia sempurnakan ini tidak bisa di qadha pada hari yang lain, kecuali jika bulan syawwal masih tersisa. Namun ia akan tetap mendapat pahala puasa pada hari-hari sebelum haidnya datang.  Wallahu A'lam Bish Showab.

Artikel Menarik Lainnya:

0 Responses to Haid Datang Ketika Sedang Puasa Syawwal

Posting Komentar

Daftar Isi Dialog

Pilihan Menu

Dialog Terbaru

Dialog Terpopuler

Komentar Anda

Jumlah Pengunjung Dialog

.