Website ini adalah pindahan dari www.dialogimani.wordpress.com (website komunitas dialog imani RRI Bandar Lampung)

Hukum Membaca Surat Yasiin

Diposting oleh Irfani, S.Pd.I Kamis, 02 April 2009

Tanya:
Bagaimana hukum membaca surat Yaasin? (Abdullah, Metro)

Jawab:

Surat Yaasiin adalah salah satu diantara 114 surat yang ada dalam Al Qur’an. Membacanya adalah ibadah dan berpahala seperti membaca surat-surat lainnya dalam Al Qur’an.

Akan tetapi kita tidak boleh mengkhususkan untuk membacanya pada malam-malam tertentu, dengan keyakinan-keyakinan tertentu. Karena tidak ada satu hadits shahihpun yang menjelaskan tentang keutamaan membaca surat Yaasiin pada malam tertentu. Kalaupun ada riwayat tentang hal itu, riwayat tersebut tidak shahih dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, kita tidak boleh meyakini dan mengamalkannya. Wallahu Ta’ala A’lam Bish Showab.

Artikel Menarik Lainnya:

20 Responses to Hukum Membaca Surat Yasiin

  1. wid2o Says:
  2. rti tidak bisa dijadikan hujjah sebagai landasan dalam pembacaan Surah Yassin dan juga yang lainnya?.Dan apakah itu berarti amalan yang dilakukan saudara2 dari NU itu salah karena mereka2lah yang selalu mengamalkannya?.Pun kalau salah apakah berarti juga kita menyalahkan atau bahkan menganggap Bid'ah amalan2 tsb.Yang berarti pula seluruh ulama,kyai yang mengajarkannya telah memesan ''KAPLING NERAKA'' sebagaimana hujjah ''Setiap bid'ah.......dst''YANG SERING KITA DENGAR AKHIR2 INI.WASAALAM.

     
  3. wid2o Says:
  4. Pun yang saya jadi heran kenapa sekarang2 ini terjadi benturan2 yang membikin tidak enak ''PERASAAN'' dgn kedatangan paham2 yang gampang membid'ahkan orang bahkan menganggap kafir sesama umat islam,apakah mereka menganggap ''LEBIH BAIK'' dari pada saudara yang lebih dahulu mengamalkannya,dengan sejarah WALI SONGO yang telah mengISLAMkan INDONESIA.....Demi ALLAH saya sedih sekali dengan hal ini.memang kita tahu....ISLAM LAHIR DI ARAB...TETAPI ISLAM BUKANLAH ARAB.

     
  5. saia Says:
  6. assalamu'alaikum,, maaf,,
    di desa saya setiap kamis maLam masyarakat membaca surat yaasiin sebagai amaLan ruTin secara bergiLiran dari rumah ke rumah, apakah haL tersebut juga tdak boleh??

     
  7. wah hadits tidak shohih berarti belum tentu ditinggalkan lho ustadz, janga membingungkan ummat dong dengan mengatakan hadits tidak shohih bukan berasal dari rosul, karena hadits dhoif juga macam2 kan tergantung kedhoifannya.

    beberapa ulama masih memakai hadits Dhoif untuk beberapa Fadhoil A'mal asalkan ada dalil utamanya lho.
    membaca Al Quran dianjurkan oleh agama, sedangkan surat Yasin termasuk surat dala Al Quran, apakah membaca Al qur'an Bid'ah. Allohummaghfir laka walakum. bebrapa Surat dalam AlQuran memiliki kelebihan Lho. Coba kita kaji bersama, perbanyak koleksi bacaan kita jangan hanya kutub min wahaby.

    Wallohu A'lam

     
  8. Tria Says:
  9. bagaimana tata cara memandikan jenazah yang benar dan tata cara sholat jenazah berserta bacaannya?

     
  10. arsyad Says:
  11. Akhi midkholhuda,

    Kiranya bisa dibaca artikel dari web dibawah mengenai derajat fadilah yg menjelaskan surat Yasin.
    http://muslim.or.id/manhaj/derajat-hadits-fadhilah-surat-yasin.html

    Lalu mengenai menjadikan hadits dho'if sebagai fadho'il amal, memang para ulama masih membolehkan asalkan sebelumnya diiringi terlebih dahulu dengan hadits yg shahih atau minimal hasan, dan dho'ifnya bukan dho'if jiddan (lemah sekali). Penjelasannya ada di web ini : http://muslim.or.id/hadits/hadits-dhoif-menjadi-sandaran-hukum.html
    Jadi, klo boleh saya sarankan, janganlah mengamalkan hadits dho'if apalagi maudhu (palsu) walaupun hanya untuk menjelaskan fadho'il amal. Janganlah kita terjebak pada perkara syubhat.

    Saya rasa kita semua sepakat bahwa membaca Qur'an bukanlah bid'ah bahkan adalah sunnah yg amat sangaaaat dianjurkan, namun mengkhususkan membaca Yasin saja, misalnya di malam Jum'at dan Yasin untuk org meninggal, inilah yg bid'ah. Karena Rasul tidak pernah mengkhususkan membaca Yasin di malam Jum'at dan untuk org meninggal. Jadi, singkatnya, baca Yasinnya itu sendiri bukan bid'ah, mengkhususkannya lah yg bid'ah. Adapun, surat yg punya fadhillah yg dibaca pada hari Jum'at adalah surat Al Kahfi :
    “Sesungguhnya barangsiapa membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum’at, niscaya ia akan diterangi oleh cahaya antara dua Jum’at.” (HR Hakim 3349)

    Saya jg masih belajar agama, mari kita sama2 belajar dengan saling merendahkan hati agar bisa menerima kebenaran.

     
  12. achmad a. Says:
  13. Semoga Allah Subchanahu wa Ta'ala mengaruniai kesabaran kepada segenap pengolala blog ini. Komentar-komentar dari yang tidak sepaham, makin menunjukkan kemantapan landasan ilmu pengelola blog ini.

    Para komentator yang tidak sepaham lebih sering meng-"counter" dengan "kekuatan" bahasa emosional dengan landasan yang tidak jelas sehingga mengesankan tidak ilmiah.

    Saran saya, saudara-saudaraku yang tidak sepaham hendaknya menyampaikannya dengan bahasa "seorang muslim" yang dilandasi ilmu sebagaimana pengelola blog ini memberikan jawaban.

    Insyaallah, dengan begitu melalui forum dialogimani ini, semoga Allah Subchanahu wa Ta'ala menunjukkan kebenaran dan membukakan pintu hidayah dalam hati kita semua.

    Emosional hanya menunjukkan kedangkalan ilmu.
    Dalamnya ilmu bisa dilihat dari tutur kata dalam merespons permasalahan.

     
  14. arif Says:
  15. assalamualaikum wr.wb
    dengan menyebut nama allah yg maha pengasih lagi maha penyayang

    sesungguhnya semua muslim bersaudara, janganlah saling ejek, saling menyalhkan, dan jgn pula merasa dirinya benar..
    sperti sabda beliau..

    Jangan kamu saling dengki dan iri dan jangan pula mengungkit keburukan orang lain. Jangan saling benci dan jangan saling bermusuhan serta jangan saling menawar lebih tinggi atas penawaran yang lain. Jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim adalah saudara muslim lainnya dengan tidak menzhaliminya, tidak mengecewakannya, tidak membohonginya dan tidak merendahkannya. Letak takwa ada di sini (Nabi Saw menunjuk ke dada beliau sampai diulang tiga kali). Seorang patut dinilai buruk bila merendahkan saudaranya yang muslim. Seorang muslim haram menumpahkan darah, merampas harta, dan menodai kehormatan muslim lainnya. (HR. Muslim)

    sesungguhnya salah benar mutlak milik allah...
    saya adalah orang yg bukan ahli kitab..
    dan saya juga bukan ustadz..
    banyak orang yg hafal ayat..
    tp dia lupa akan judulnya yaitu bismillahirohmanirrohim
    allah rohman allah rohim

    jujur saya tidak sepaham dg anda..
    tapi saya menghormati dengan keyakinan anda..

    mgkin banyak perbedaan dg masalah khilafiyah...
    tp ingat lebih banyak lagi persamaannya..

    teringat aku dalam dalam kata2 seorang kyai..
    "bermentalah engkau... aku hanyalah jgn engkau bermental aku adalah" mengutip dari kata kata tersebut, kita tidak boleh merasa dirinya lebih pintar, lebih tinggi, sombong dll

    sekarang ini pemikiran orang islam banyak yg terkotak2..bagaiman kita bisa bersatu..
    kalau kita merasa dirinya paling benar...adakah kita saling hormat dari suatu pemahaman yg berbeda..biarlah dia dg keyakinannya, biarlah dia juga dengan keyakinanya...
    cukup allah sajalah sebagai hakim yg adil kelak

    demikian dari saya, jika dalam komentar ini, ada yg tidak berkenan di hati anda, saya mohon maaf sebesar - besarnya karena saya manusia biasa yg tidak luput dari dosa
    smoga blog ini bermanfaat dan memberikan kedamaian untuk pembaca
    amin..


    wassalamualaikum wr wb

     
  16. sanjisan Says:
  17. Assalamu'alaikum,
    sebagai muslim, kami hanya menjalankan ibadah yang pernah dicontohkan oleh Rasulullah صلی الله عليه وسلم, suri tauladan kami.

    Kami tidak akan melakukan ibadah yang tak pernah dicontohkan oleh Nabi صلی الله عليه وسلم, meskipun banyak orang yang melakukannya.

    Membaca Al-Qur'an adalah ibadah yang sangat baik, tapi lebih baik lagi jika kita juga memahami maknanya dengan tafsir yang benar (shahih) dan mengamalkannya dalam kehidupan kita.

    Semua ayat Al-Qur'an berasal dari Allah, semuanya mulia, kenapa hanya mengkhususkan membaca surat Yaasiin saja dan meninggalkan yang lain?

    Mengenai tradisi "yasinan" yg diadakan rutin setiap malam jum'at, karena tidak ada hadits2 shahih yg meriwayatkan bahwa Rasulullah صلی الله عليه وسلم dan para Sahabat beliau pernah melakukan hal itu, maka kami pun tidak akan melakukannya.

    Karena tidak ada suri tauladan yang lebih baik dari Rasulullah صلی الله عليه وسلم. Cukuplah bagi kami Islam yang dibawa oleh Rasulullah صلی الله عليه وسلم. Kami tidak akan membuat atau mengikuti ajaran baru selain dari ajaran beliau.

    wassalamu'alaikum wa rahmatullah.

     
  18. iwan Says:
  19. assalamu allaikum wr wb
    kalo menurut saya boleh-boleh saja mengkhususkan dan mengamalkan surat yasin sepanjang itu adalah untuk ibadah kepada Allah karena tidak ada satu hadist shahih pun yang melarangnya untuk membaca surat yasin pada mlm tertentu, sepanjang itu adalah ibadah kepaada Allah sah-sah saja

     
  20. ikhwan Says:
  21. Assalamu'alaikum Akhi Iwan

    Ya akhi, klo akhi berpandangan spt itu, berarti akhi beranggapan boleh2 saja melaksanakan sholat zuhur 5, 6 atau 7 raka'at dengan niat untuk ibadah karena alasan akhi tidak ada hadits yg melarangnya...??

    Akhi Iwan yg saya hormati, semoga Allah Azza wa Jalla merahmati antum. Tahukah akhi kalau kaidah awal segala macam ibadah adalah haram kecuali jika ada tuntunannya dari Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam. Begitupun dengan membaca Al Qur'an. Al Qur'an diwahyukan Allah kepada Rasulullah agar kita, umat Islam bisa berpegangan pada hukum2 Allah yg haq. Membacanya adalah termasuk perkara ibadah. Rasulullah menganjurkan kita untuk membaca dan mengamalkan Al Qur'an, karena “Orang yang membaca Al-Qur’an sedangkan dia mahir melakukannya, kelak mendapat tempat di dalam Syurga bersama-sama dengan rasul-rasul yang mulia lagi baik. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an, tetapi dia tidak mahir, membacanya tertegun-tegun dan nampak agak berat lidahnya (belum lancar), dia akan mendapat dua pahala.” (HR Bukhari-Muslim)

    Lihatlah redaksi hadits diatas ya akhi, junjungan kita menyuruh untuk membaca Al qur'an, bukan menyuruh hanya membaca surat Yasin saja. Saya katakan membaca surat Yasin adalah bukan bid'ah karena surat Yasin adalah salah satu dari surat2 al qur'an yg semuanya mempunyai faedah untuk diamalkan, akan tetapi mengkhususkannya itulah yg tergolong perkara2 baru yg tidak ada tuntunannya dari Rasulullah.

    Kita lihat skrg ya akhi, dimana2, di masjid, di rumah2, setiap malam jum'at, org ramai2 hanya membaca surat Yasin. Mengapa tidak setiap malam mengadakan tadarrus al qur'an 30 juz??? Mengapa mengkhususkan dengan malam jum'at apalagi yg dibaca hanya surat Yasin.

    Dan pengalaman yg amat menyedihkan lagi, org2 skrg lebih menyukai hanya membaca surat Yasin dibanding membaca qur'an 30 juz. Saya lihat sendiri di masjid dekat kantor saya. Wallahul Musta'an...

    Akhi Iwan yg semoga Allah melindungimu. Tiada yg ingin saya sampaikan kecuali saya hanya ingin meluruskan pendapat akhi iwan, bukan untuk menggurui apalagi mendebat. Berpeganglah pada tuntunan Nabi kita dalam beribadah ya akhi, jangan turuti hawa nafsu. Cukupkan dengan petunjuk Rasulullah, berhati2lah terhadap setan karena setan selalu membuat indah hal2 buruk pada kita sehingga kita memandang indah pada hal2 bid'ah yg terlarang. Semoga akhi iwan dan keluarga mendapat naungan Allah Subhanahu wa Ta'ala dan makin bersemangat dalam beribadah. Amin.

     
  22. Hamba Allah Says:
  23. Dari dulu orang Muhammadiyah ya gini ini,,,

    sdr Iwan dengan mengatakan bahwa " kalo menurut saya boleh-boleh saja mengkhususkan dan mengamalkan surat yasin sepanjang itu adalah untuk ibadah kepada Allah karena tidak ada satu hadist shahih pun yang melarangnya untuk membaca surat yasin pada mlm tertentu, sepanjang itu adalah ibadah kepaada Allah sah-sah saja " itu masih logis cara berfikirnya. kenapa ??? karena surat Yasin adl bagian dr surat Al-Quran dan membacanya adl ibadah. tidak ada bantahan dalam hal ini bahkan oleh anda sekalipun.

    sedangkan ungkapan anda bahwa "Ya akhi, klo akhi berpandangan spt itu, berarti akhi beranggapan boleh2 saja melaksanakan sholat zuhur 5, 6 atau 7 raka’at dengan niat untuk ibadah karena alasan akhi tidak ada hadits yg melarangnya…??" menunjukkan bahwa anda orang yg kurang cerdas, tp tentu saja bukan bodoh... kenapa??? jangan menganalogikan sesuatu yg benar dg sesuatu yg jelas2 salah. seperti td yang saya bilang, surat Yasin adl bagian dr surat Al-Quran dan membacanya adl ibadah. tidak ada bantahan dalam hal ini bahkan oleh anda sekalipun.
    hal itu anda analogikan/bandingkan dengan pernyataan "boleh2 saja melaksanakan sholat zuhur 5, 6 atau 7 raka’at dengan niat untuk ibadah karena alasan akhi tidak ada hadits yg melarangnya…??" bahwa sholat dhuhur adl 4 rakaat, bukan 5,6 atau bahkan 10 rakaat, tidak ada bantahan dalam hal ini bahkan oleh anda sekalipun....
    Jd tolong dong,,,berfikir logis + realistis n jangan mengada2...

     
  24. ikhwan Says:
  25. @mas hamba Allah yg dirahmati Allah,

    Saudaraku, cobalah baca komen saya dr awal hingga akhir. Sayapun tidak mempermasalahkan membaca surat Yasin sepanjang niat dia adalah ibadah dan tidak ada pengkhususan, tp yg jadi permasalahan adalah "mengkhususkan" misalnya dibaca hanya pd saat malam jum'at...inilah yg saya maksud saudaraku, inilah yg tidak ada tuntunan dari Rasul. Surat2 dalam Al Qur'an semuanya berjumlah 114 surat, semuanya mempunyai faedah dan kita wajib berpegangan padanya oleh karena itu kita dianjurkan untuk membaca semua surat, klo bisa setiap malam kita tadarusan.

    Saya bukan org Muhammadiyah, saya hanya ingin meluruskan pemahaman saudaraku Iwan karena yg namanya perkara ibadah pada Allah itu tidak boleh sembarangan ya akhi, tidak boleh menuruti hawa nafsu. Ibadah harus mengikuti syariat dan tuntunan dari Nabi kita, Muhammad Shallallahu alaihi wassalam. Tidak ada hadits yg melarangnya bukan berarti kita boleh2 saja melaksanakan, justru disini dituntut kehati2an karena yg tidak ada tuntunannya itulah yg masuk ke dalam perkara2 baru. Maaf klo ada kata2 yg membuat saudaraku tersinggung. Sungguhlah kita tdk perlu berdebat dlm masalah ini, hanya kepada Allah kita memohon petunjuk. Semoga saudaraku hamba Allah tambah bersemangat dlm beribadah.

     
  26. Tom's Says:
  27. Ya akhi sekalian, kiranya tidak perlu berdebat. Cukup kita kembalikan kepada artikel diatas dan jawabannya, kan udh dijawab tuh. Kalo saya sih pilih, klo tidak ada tuntunan dari Rasul ya tidak ush repot2 melaksanakan. Bagaimana dengan anda?

     
  28. awam Says:
  29. semua tidak akan jadi masalah kalo ummat islam mau beragama sesuai al-Quran dan As-Sunnah, gak usah sok berkreatif dalam beragama, sebelum beribadah lihat dulu ada perintah n tuntunannya gak? jangan cuma ikut-ikutan n sok tau, kalo terjebak bid'ah gak mau dinasehati, kalo terjebak syirik gak mau dinasehati, mau beragam sesuka hati apa??

     
  30. Anonim Says:
  31. wah...situs-situs seperti ini emang banyak beredar !! sukanya membid'ahkan, gampang sekali !!
    banyak artikel mengenai hukum ibadah, tapi dia tidak tahu hukum yang sebenarnya..
    jangan memperbingung umat !!
    barokallohufik..

     
  32. Anonim Says:
  33. Gampang kok hukum ibadah...
    Dalam ushul fiqih, hukum asal ibadah adalah terlarang sampai ada dalil yg menyuruhnya. Jadi jelas, ibadah itu perkara tauqifi alias harus dengan dalil. Bila tidak ada dalil, itu namanya ibadah terlarang alias ga ada tuntunannya. Justru yg sering memperbingung ummat tuh yg sering menyuruh baca ini baca itu dengan bilangan tertentu yg banyak sekali padahal tidak ada dalil yg mendasarinya dari Sunnah shahih.

    Saran saya untuk anonim diatas, coba dong baca dulu artikel2 tentang bid'ah dengan mata kepala dan hati yg adem, jgn keburu panas klo dinasehatin ini bid'ah itu bid'ah, ini demi kebaikan kita juga kok. Beribadah itu harus ada tuntunannya dari Rasul pak. Hendaknya kita semua berhati2 darimana kita mengambil agama kita.

     
  34. Midkhol Says:
  35. bismillahirrohmanirrohim
    bukankah qoidah fiqh itu juga bid'ah akhy?
    krn Rosululloh juga tdk pernah memberi perintah membuat2 qaedah2 fiqh ataupun
    okelah
    kita sebenarnya sama, sama2 menentang bid'ah namun sy pribadi memahami bid'ah sesuai dngn pemahaman imam yg berbda dengn saudara kami muslim yg lain, pemahaman sy tentang bid'ah mengikuti pemahaman imam Assyafiiy, imam baihaqy juga imam jalaluddin assuyuthy yg membagi bid'ah dlm dua hal , bid'ah hasanah dan bid'ah sayyiah
    bid'ah hasanah disini apa2 yg baru yg selaras dg sunnah berbeda dengan bid'ah sayyiah yg menyelisihi sunnah.
    kembali ke pokok masalah

    andaikan semua yg tdk diperintah itu dalam dilarang adalah niscaya akan sempit dlm beribadah. bukankah hati ini sering bosan.

    contoh dalam berdzikir kepada Alloh baik dlm hati atau diucapkan apakah ada larangan berdzikir selain keadaan dan tempat2 yang kotor saja?

    mohon maaf bila ada perbedaan
    wassalamu'alaikum warrohmah walbarokah

     
  36. Unknown Says:
  37. hehehe.....seharusnya yang mau bilang bid"ah baca yasin tiap kamis malam itu ngikut dulu ke tempat orang_orang yg lgi baca yasin....sbb yg saya lakukan tidak hanya surat yasin tpi juga surat albaqarah juga atau surat_surat yg lainnya tetap dibaca kok,,,,

     
  38. Midkhol Says:
  39. akhy tdk semua yang tdk dicontohkzn oleh Rosululloh itu dilarang untuk diamalkan, selama ada dalil yang pokok yng relevan , seperti membaca al Qur'an.
    selama adab2 membacanya dilaksanakan maka tdklah mengapa mau rutin membaca surat apa saja dipersilahkan.

    membaca al Qur'an , sholawat, bertasbih merupakan ibadah2 yang luwes,
    berbeda dengan ibadah sholat , haji, puasa, yang aturannya jelas.
    kalau aturannya sdh tegas maka tdk boleh dirubah2.

     

Posting Komentar

Daftar Isi Dialog

Pilihan Menu

Dialog Terbaru

Dialog Terpopuler

Komentar Anda

Jumlah Pengunjung Dialog

.