Website ini adalah pindahan dari www.dialogimani.wordpress.com (website komunitas dialog imani RRI Bandar Lampung)

Menelan Ludah Saat Berpuasa

Diposting oleh Irfani, S.Pd.I Rabu, 02 September 2009

Tanya:

Apakah menelan ludah membatalkan puasa? (081369588XXX)

Jawab:

Menelan ludah tidak membatalkan puasa, karena hal ini merupakan perkara yang sulit untuk dihindari oleh seseorang yang berpuasa.



Imam Ibnu Hazm rahimahullah berkata: “Adapun ludah, sedikit maupun banyak tidak ada perbedaan pendapat (dikalangan para ulama) bahwa sengaja menelan ludah tersebut tidaklah membatalkan puasa”. Demikian pula ungkapan Imam An-Nawawy dalam Al-Majmu’ 6/317.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Syarhul ‘Umdah 1/473 berkata: “Dan Apa-apa yang terkumpul dimulut dari ludah dan semisalnya apabila ia menelannya tidaklah membatalkan puasa dan tidak dianggap makruh. Sama saja apakah ia menelannya dengan keinginannya atau ludah tersebut mengalir ketenggorokannya di luar keinginannya …”.

Wallahu a'lam bish showab.

Artikel Menarik Lainnya:

2 Responses to Menelan Ludah Saat Berpuasa

  1. embun Says:
  2. Terima kasih ilmunya

     
  3. raida rahman Says:
  4. Twrimakasih dengan keterangan nya selama ini saya mengalami hal yang agak susah tersebut setiap kali saya menjalan kan ibadah puasa air liur saya selau mengalir tidak heti hingga saya sering kali meludah saya takut batal puasa bila menelan nya meski terkadang memang secara tidak sengaja tertelan juga.air liur saya

     

Posting Komentar

Daftar Isi Dialog

Pilihan Menu

Dialog Terbaru

Dialog Terpopuler

Komentar Anda

Jumlah Pengunjung Dialog

.