Website ini adalah pindahan dari www.dialogimani.wordpress.com (website komunitas dialog imani RRI Bandar Lampung)

Mengangkat Tangan Dalam Berdoa Setelah Sholat Malam

Diposting oleh Irfani, S.Pd.I Kamis, 03 September 2009

Tanya:

Bolehkah setelah sholat malam kita berdoa sambil mengangkat tangan? (081991360XXX)

Jawab:

Ya, diperbolehkan ketika kita berdoa setelah sholat malam sambil mengangkat kedua tangan, berdasarkan keumuman anjuran untuk mengangkat tangan ketika berdoa, sebagaimana disebutkan dalam riwayat yang shahih berikut ini:


عَنْ سَلْمَانَ الْفَارِسِىِّ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « إِنَّ اللَّهَ حَيِىٌّ كَرِيمٌ يَسْتَحِى إِذَا رَفَعَ الرَّجُلُ إِلَيْهِ يَدَيْهِ أَنْ يَرُدَّهُمَا صِفْرًا خَائِبَتَيْنِ ».



"Dari Salman Al Farisi dari Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam beliau bersabda: "Sesungguhnya Allah Maha Malu lagi Maha Mulia, Dia malu jika ada seseorang yang menengadahkan kedua tangannya kepada-Nya, Dia mengembalikannya dalam keadaan hampa." (HR. Turmudzi No 3904)

Wallahu A'lam Bish Showab.

Artikel Menarik Lainnya:

3 Responses to Mengangkat Tangan Dalam Berdoa Setelah Sholat Malam

  1. Naya Says:
  2. Aslamualaikm. Afwan ana pernah mendengar salah satu ustad mengatakan bahwa, tidak ada tuntunannya mengangkat tangan ktk berdoa stelah shalat wajib. Tapi boleh ketika shalat. Bagaimana menurut ustad?

     
  3. Naya Says:
  4. Afwan maksud ana diperbolehkanx hanya dalam shalat sunnah.

     
  5. Indra Says:
  6. Menurut hemat saya sih..... boleh aja koq, jika dianalogikn saat kita minta pertolongan ke orang lain kadang kita menunjukkan telapak tangan kita atau seorang peminta-minta yang minta kepada sesama manusia aja menengadahkan tangan, kok kita yang meminta kepada Rajanya Raja tangannya ga mengangkat tangan, malu donk ama peminta-minta.

     

Posting Komentar

Daftar Isi Dialog

Pilihan Menu

Dialog Terbaru

Dialog Terpopuler

Komentar Anda

Jumlah Pengunjung Dialog

.