Website ini adalah pindahan dari www.dialogimani.wordpress.com (website komunitas dialog imani RRI Bandar Lampung)

Hukum Menemani Seseorang Untuk Sholat Berjamaah

Diposting oleh Admin Senin, 02 November 2009

Tanya:

    Apa hukumnya menemani seseorang untuk sholat berjamaah? (Abdurrahman, Lampung Tengah)

Jawab:

    Menemani seseorang yang belum sholat dengan cara mengerjakan sholat berjamaah dengannya agar ia mendapatkan pahala sholat berjamaah hukumnya disyariatkan.
  
Hal ini berdasarkan hadits berikut:

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّ رَجُلًا دَخَلَ الْمَسْجِدَ وَقَدْ صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِأَصْحَابِهِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ يَتَصَدَّقُ عَلَى هَذَا فَيُصَلِّيَ مَعَهُ فَقَامَ رَجُلٌ مِنَ الْقَوْمِ فَصَلَّى مَعَهُ

“Dari Abu Said Al Khudri bahwasanya ada seorang laki-laki yang masuk ke masjid sementara Rasulullah Shallalhu alaihi wa sallam telah selesai melakukan sholat bersama para sahabat beliau. Lalu Rasulullah Shallalhu alaihi wa sallam bersabda: “Siapa yang ingin bersedekah kepada laki-laki ini dengan cara sholat bersamanya?” Maka berdirilah salah seorang dari jamaah dan sholat bersama laki-laki tersebut.” (HR. Ahmad No 11016)

    Hadits ini menjadi dasar diperbolehkannya orang yang sudah sholat untuk menemani orang lain untuk sholat bersamanya agar orang yang belum sholat tersebut mendapatkan keutamaan sholat berjamaah. Bagi orang yang sudah sholat, sholat yang kedua yang ia lakukan hukumnya sunnah.

Artikel Menarik Lainnya:

1 Responses to Hukum Menemani Seseorang Untuk Sholat Berjamaah

  1. Anonim Says:
  2. kalo kita sudah sholat dzuhur, truz kita menemani seseorang untuk sholat berjamaah, pada saat kita jadi makmumnya berarti kita ikut sholat 4 rokaat 1 kali salam dg niat sholat sunnah?? bagaimana kalo kita yg jadi imam??? bukankah sholat sunnah 2, 2 rokaaat?? kalo sudah menemani berarti kita gak perlu lagi sholat sunnah ba'da dzuhur??? mohon pencerhannya... jazakumulloh khair

     

Posting Komentar

Daftar Isi Dialog

Pilihan Menu

Dialog Terbaru

Dialog Terpopuler

Komentar Anda

Jumlah Pengunjung Dialog

.