Website ini adalah pindahan dari www.dialogimani.wordpress.com (website komunitas dialog imani RRI Bandar Lampung)

Puasa Daud dan Caranya

Diposting oleh Irfani, S.Pd.I Kamis, 11 September 2008

Tanya:
Bagaimana Cara Puasa Daud?

Jawab:
Puasa Daud adalah puasa sunnah yang dikerjakan selang sehari. Misalnya hari ini puasa lalu besok tidak, kemudian lusa puasa dan besoknya tidak, demikian seterusnya.
Puasa ini pada asalnya adalah puasa yang dilakukan oleh Nabi Daud alaihissalam . Namun kemudian ditetapkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam  sebagai bentuk puasa sunnah yang paling afdhal, sebagaimana yang disabdakan beliau shallallahu 'alaihi wasallam kepada Abdullah bin Amru radhiallahu 'anhu tatkala ia merasa mampu untuk melakukan sehari berpuasa dan dua hari berbuka sebagaimana yang di perintahkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kepadanya :


فَصُمْ يَوْمًا وَأَفْطِرْ يَوْمًا فَذَلِكَ صِيَامُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام وَهُوَ أَفْضَلُ الصِّيَامِ فَقُلْتُ إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ فَقَالَ النَّبِيُّ
لَا أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ

"Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) puasa Daud 'alaihissalam dan ini adalah puasa yang paling afdhal. Lalu aku (Abdullah bin Amru radhialahu 'anhu} berkata sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu, maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata: “Tidak ada puasa yang lebih afdhal dari itu. " (HR. Bukhari No : 1840)
Demikian pula dalam hadits riwayat Tirmidzi:


عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
أَفْضَلُ الصَّوْمِ صَوْمُ أَخِي دَاوُدَ كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

"Dari Abdullah bin Amru ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Puasa yang paling afdhal adalah puasa saudaraku Daud, beliau sehari berpuasa dan sehari berbuka. " (HR. Tirmidzi No 701)

Artikel Menarik Lainnya:

20 Responses to Puasa Daud dan Caranya

  1. wulandari Says:
  2. Assalamualaikum Moderator

    Saya seorang muslimah yg suka melakukan puasa sunnah.Setelah membaca keutamaan puasa sunnah serta melaksanakan puasa Senin-Kamis saya memutuskan mencoba puasa Daud (sehari puasa sehari berbuka) yg alhamdullilah sejak 3 bulan lalu hingga saat ini tetap saya laksanakan (kecuali saat dtg bulan dan hari raya islam).
    karena saya pernah membaca Hadist Nabi bahwa puasa yg utama selain puasa wajib saat bulan Ramadhan adalah puasa Daud.Akan tetapi belakangan ini saya baru membaca dibeberapa hadist Nabi menyatakan adanya larangan berpuasa tunggal pada hari Jum'at dan Sabtu (kecuali sehari sebelumnya atau setelahnya dilanjutkan dg puasa lagi)
    Wah..setelah baca hadist itu saya jadi bingung dikarenakan saat melaksanakan puasa Daud seringkali satu hari puasa jatuh pd hari Jum'at atau Sabtu,sedangkan sehari sebelum dan sesudah hari2 yg dilarang tersebut saya berbuka.Lalu apa yg harus saya lakukan saat puasa Daud jatuh tepat pd hari2 yg dilarang tsb?tetap melanjutkan atau lebih baik tdk berpuasa?
    Adakah hadist lengkap mengenai puasa Daud serta hukum2 & syarat pelaksanaannya?Mohon penjelasannya. Jazakumullah.

    Wulandari - Tangerang

     
  3. tahabibi Says:
  4. assalamualaikum

    untuk ukhti Wulandari.

    menurut hemat saya saat puasa daud boleh saja melaksanakan pada hari jum'at atau sabtu. karena memang sudah diniati puasa daud. namun lain jika anda tidak ada niat untuk puasa daud.
    mungkin itu yang bisa saya sampaikan. mungkin jika ada yg lebih mengetahui silahkan memberi ilmunya.

    jazakumullah

     
  5. widiharto Says:
  6. Saya puasa daud

     
  7. widiharto Says:
  8. Ass. Wr. Wbr.

    Saya puasa Daud, mulai Hari Senin, berarti Hari Kamis saya giliran tidak berpuasa. Apakah saya pada hari Kamis tersebut boleh puasa sunah Kamis. ( Maksudnya diambil Hari Kamis, sunahnya Nabi Muhhamad Senin-Kamis.)

    Wasalam.

     
  9. ani' Says:
  10. assalamu'alaikum wr.wb.
    apakah puasa daud di seluruh penjuru dunia itu sama?
    saya sudah melaksanakan beberapa tahun terakhir ini ada teman saya yang mengatakan puasa daud semua orang di dunia ini bersamaan. apakah benar? syukron!!!

     
  11. Ira Gustina Says:
  12. assalamu'alaikum Wr.Wb.
    Saya seorang mahasiswi tingkat 3.ingin melaksanakan puasa Daud,tapi ada beberapa hal yang saya ingin ketahui, kalau sudah melaksanakan puasa Daud, apakah harus kontinu terus dilakukan?? maksudnya, boleh a suatu waktu tidak melaksanakan, dengan alasan aktiviitas yang padat atau karena ada acara-acara yang membuat diri memutuskan untuk tidak puasa Daud dulu pada hari tsb?? mohon dijawab, terimakasih. Wss

     
  13. Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    saya pingin menyalin silaturahmi dengan saudara-saudara saya yang menjalankan ibadah sunnah puasa Daud ini. semoga menjadi barokah & Ridlonya. amin.

    ferry,
    nauzulfs@yahoo.com
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

     
  14. Ridha ailia Says:
  15. Assalamu'alaikum
    saya mo nanya: Tmn2 bilang kalau dllm puasa daud tu ada bacaan2nya yg khusus/do'a2 yg khusus....betul g' sih?
    Kalau ridha sih puasa daudnya g' pake bacaan apa2, boleh kan?

     
  16. emiier Says:
  17. Assalamualaikum,
    bagaimana pelaksanaan puasa daud dan puasa senin-kamis. pasti kan ada hari saat puasa daud yang jatuh pada hari senin-kamis.

    sukron...

     
  18. rohma Says:
  19. NIAT BUASA DAUD ITU GIMANA SICH KAWAN

     
  20. aditya Says:
  21. klo karena alasan inginmenghormati teman, saya membatal puasa daud pada hari kamis boleh kah saya melanjutkannya di hari jumat atau saya mulailagi di hari senin?

     
  22. sholik Says:
  23. Puasa sunnah, tidak diniatkan pun boleh. Dalilnya, Nabi pernah pada suatu pagi
    menanyai istrinya, apakah ada makanan pagi ini. istrinya menjawab, bahwa tidak
    ada. Nabi mengatakan bahwa kalau begitu Nabi puasa hari ini. Kalau puasa wajib
    (atau mengganti), ya harus berniat dalam hati sebelumnya.

     
  24. Wahyu Says:
  25. jangan mencampur puasa yang satu dengan yang lain

     
  26. HM.djefri Says:
  27. Assalamu'alaikum Wr.Wb.

    Saudaraku dan sahabat yang ku cintai bagi pengamal puasa Dawud puasa ini adalah puasa yang telah direkomendasi langsung oleh Rosululloh SAW dalam riwayatnya dalam hadist menjadi puasa yang paling baik tentu saja bagi umat muslim yang taat tentu mau mengamalkan yang paling baik saya telah merasakan menjalankan puasa Nabi Dawud adapun berapa lamanya tidak etis saya mengutarakan disini kawatir ada rasa takabur dalam benak hati namun yang jelas sangat kami rasakan nikmat dan sejuknya rasa hati sertamerasakan kenyamanan dunia sekeling kita ini yang Alloh telah menurunkan melalui ayat ayatnya yang tersirat di kanan kiri kita adapun yang bisa kita sampaikan tentang Puasa Dawud :

    1. Tiap dua minggu sekali kita sudah secara rutin melaksanakan puasa senin kamis ( minggu ini senin kita puasa kamis tidak minggu depan senin tidak puasa kamis puasa ini akan dilakukan sepanjang masa ).
    2. Tiap dua lapan (jawa 35 hari) neptu kelahiran pasti dipuasani ( lapan ini puasa lapan depan tidak ).
    3. Tiapa bulan jawa tangal 1 dan 15 dua bualan sekali sudah otomatis akan puasa .

    Satu diantara contoh menurut ligika perhitungan jadi bagi yang sudah menjalankan puasa Dawud tidak perlulagi mencampurkan puasa puasa sunah lainya semuanya sudah terlaksanakan secara otomatis jadi Rosululloh menmberikan rekomendasi kepada sahabatnya otomatis kepada kita semua selaku umatnya pasti benar dan tinggal kita menerima dan menelaahknya manfaat secara lahir yang telah dibuktikan :

    1. Kesehatan jelas bagi yg puasa Dawud dijamin akan sehat tidak perlu melakukan diet akrena puasa ini adalah died yang paling sempurna .

    2.Orang yang puasanya bener bagi yang puasa Dawud tidak akan punya perut yang gendut alias tidak mungkin toksin tertinggal di usus kecil maupun besar (jaman sekarang sumber penyakit adalah dari makanan yang sudah tidak seteril kalau sampai ada makanan yang berlebihan jaman sekarang sama dengan menabung penyalit ).

    3.Terbukti bagi yg telah menjalani puasa ini dengan rutin dan sempurna tidak ada pantangan makanan dan tidak ada yang tidak dirasakan enak dan nikmat semua makanan serta jarang terserang penyakit .

    Beberapa contoh bukti lahir bagi yang sudah melaksanakan dan bisa merakan tentu pengalaman teman juga sama dan masih banyak lagi yang dirasakan belum secara rohani dan batiniayah puasa Dawud mempunya hekmah batin dan pendidikan rohkani serta mendapan kan guru guru baik secara akademik maupun secara alamiyah batin :

    1. Biasanya lebih sabar dlam mengahadapi apa saja .

    2. Doanya selalu diijabah .

    3. Ringan melaksanakan ibadah .

    NB: Ada budenya teman saya sekarang Th 2000 Usianya 125 Th masih inerjik pengliatan pendengaran dan daya ingatnaya ( saya belum tanya masih hidup atau tidak karena teman saya sekarang sakit tidak bisa bicara ) itu balasan sya kepada teman teman yg suka puasa Dawud semoga kuwat melaksanakan dan niatilah puasa ini untuk mencari Rindho Alloh semata email : hm_djupri @yahoo.com .


    Wangalikumsalam Wr Wb.

     
  28. Anonim Says:
  29. Ada share pengalaman yang lain seputar pengalaman mengamalkan Puasa Daud di sini --> http://dialogimani.wordpress.com/2008/09/11/puasa-daud-dan-caranya/#comment-547

     
  30. atul Says:
  31. sayamau tnya...gmna sih klo mau puasa daud dan puasa snin kmis...????? kan kdang pas saya puasa daud jatuh pada hari snin/kamis,,.trus gmn puasa snin kamisnya????????

     
  32. saya mau tanya minimal berapa lama sih puasa daud itu??

     
  33. sian Says:
  34. jangka waktu puasa Daud itu smp brp lama,sih...?

     
  35. Unknown Says:
  36. Assalammualaikum war wb..
    Kapan waktu agar bisa melakukan sholat daud ini
    Apakah sama seperti puasa ramadhan,yg hanya berbeda niatnya saja tolong beritahu saya karena saya masih ragu

     
  37. Unknown Says:
  38. Assalammualaikum war wb..
    Kapan waktu agar bisa melakukan sholat daud ini
    Apakah sama seperti puasa ramadhan,yg hanya berbeda niatnya saja tolong beritahu saya karena saya masih ragu

     

Posting Komentar

Daftar Isi Dialog

Pilihan Menu

Dialog Terbaru

Dialog Terpopuler

Komentar Anda

Jumlah Pengunjung Dialog

.